Wednesday

Cara Mempercepat Loading Blog

memiliki template SEO merupakan dambaan semua blogger. salah satu yang mempengaruhi SEO adalah kecepatan loading dari blog itu sendiri. semakin cepat loading maka pengunjung blog anda semakin betah, itu lah logikanya kenapa kecepatan loading blog menjadi salah satu point SEO suatu blog. dan untuk itu saya akan memberi bocoran kenapa template saya begitu cepat loadingya.
Cara Mempercepat Loading Blog
Cara Mempercepat Loading Blog
  • Mengurangi widget
jangan terlalu banyak memakai widget yang kurang penting. cukup menaruh widget popular post, recent post, label, arsip. karena widget tersebut dapat membantu pengunjung menelusuru kontent di blog anda. satu lagi, pilihlah widget yang tidak menggunakan gambar. jika widget tersebut anda inginkan bergamgar saya sarankan taruh widget pada bagian yang di bawah posting, contohnya di kolom footer blog anda


  • Kompres gambar sebelum di upload
mengompres gambar sebelum di upload tentunya bertujuan mengurangi atau memperkecil ukuran gambar tersebut yang bertujuan supaya posting anda cepat di load. Dan untuk menghemat kuota pengunjung anda. :)


  • Mengurangi http request pada template
http request adalah proses permintaan suatu file dari browser ke server atau webhosting untuk kemudian di dwonload dan di tamppilkan kembali pada browser. contoh http request pada template :
<link href="nama-link.css" /> 
<script src="nama-script.css" />
Anda bisa mencari file http seperti diatas dan menguranginya atau membuang yang kurang penting selama tidak menganggu penampilan blog anda. jika file http tersebut mempunyai ukuran kecil, anda bisa merubahnya menjadi internal


  • menaruh semua script di bagian paling bawah/di atas tag </body>

Menaruh script di bagian paling bawah template atau di atas tag </body> supaya script tersebut di baca terakhir oleh browser setelah bagian posting terbaca.

  • Mungubah gambar menjadi base 64 

setelah anda merubah gambar pada template ke base64, gambar tersebut tidak berbentuk url pada umumnya melainkan sebuah kode. ini merupakan salah satu cara mengurangi http request juga. jadi browser tidak lagi mendwonload gmabar gambar yang ada pada template pada saat anda membuka blog anda.


  • menggunakan tag kondisional pada bagian tertentu
Tag kondisional adalah tag yang digunakan untuk mengatur elemen tertentu agar berfungsi atau tidak berfungsinya dalam halaman yang telah di tentukan

  • masalah CSS atau Script yang memblokir perenderan laman
masalah ini biasanya timbul karna kesalahan menaruh file script dan pada CSS bawaan blogger yang tidak dapat di lihat ataupun di hapus dari template anda.

  • Merubah </body> menjadi &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
Namun cara yang terakhir ini memiliki kekurangan yaitu akan tidak berfungsinya widget dari bawaan blogger seperti arsip blog.

Itu saja Cara mempercepat loading blog, selebihnya nanti saya akan tambah lagi.

Artikel Terkait

Cara Mempercepat Loading Blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

5 komentar

Anonymous
05 April, 2015 delete

loading blog memang faktor yang paling menentukan kepuasan pengunjung, terlepas dari kualitas artikel itu sendiri..walau kualitas artikelnya bagus.. loading blog yang menjengkelkan.. jelas akan ditingggal oleh pengunjung..
buat admin...sukses selalu...

Reply
avatar
06 April, 2015 delete

thanks gan.. baca artikel ane yang lain juga

Reply
avatar
31 May, 2015 delete

terima kasihbanyak atas ifonya sob
giribig.com
blog.giribig.com
duniagame.info
idcheat.com

Reply
avatar
26 June, 2015 delete

Bermanfaat sekali gan infonya bagi yg masih pemula kayak ane di dunia blogger.. terima kasih. :D

info-sipaijo.blogspot.com

Reply
avatar

-berkomentarlah dengan baik sesuai topik
-menaruh link aktif dianggap spam